Jumat, 18 Februari 2022

KURSI BUSA "aKU Rajin konsumSI BUah dan SAyur"


Berdasarkan data yang di dapat Dari 10 indikator PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) didapati 34.3% yang rutin konsumsi Buah Dan Sayur

Untuk itu perlu di lakukan kegiatan kampanye Germas melalui KURSI BUSA "aKU Rajin konsumSI BUah dan SAyur"
Kegiatan ini integrasi Program Promkes yg di pegang oleh: Aria Susanti dan Program Gizi oleh Fitria Diraswanti . Alhamdulillah Donatur kegiatan kemarin oleh Kapus Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang (Rita Sukrina). 🥰❤️😊
Semoga kegiatan ini jadi amalan bagi kita semua dan memberi Manfaat untuk kesehatan diri sendiri serta keluarga, Aamiin... 😊
Buah yang kita bagikan kemarin adalah SEMANGKA.
TUJUH MANFAAT SEMANGKA MERAH UNTUK MENCEGAH BERBAGAI PENYAKIT
Buah semangka berwarna merah tampak menggoda saat panas terik. Buah yang kaya kandungan air ini dapat membantu melepas dahaga.
Tak hanya itu, terdapat sejumlah manfaat semangka merah lainnya yang baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit. Manfaat semangka ini terkandung di balik warnanya yang merah segar.
Berikut 7 manfaat semangka merah:
1. Mencegah dehidrasi
Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi yakni mencapai 92 persen. Kandungan air dalam semangka membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.
Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menimbulkan sejumlah gejala dan menyebabkan kerusakan organ.
2. Mencegah kanker
Semangka mengandung senyawa likopen dan cucurbitacin E. Dua senyawa ini memiliki efek antikanker.
Dikutip dari Healthline, asupan likopen dikaitkan dengan risiko kanker prostat dan kolorektal yang lebih rendah. Sementara itu, cucurbitacin E dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor.
3. Mencegah penyakit jantung
Kandungan likopen dalam semangka juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kedua kondisi ini adalah faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Saat kolesterol dan tekanan darah terjaga, risiko penyakit jantung pun berkurang
4. Mencegah peradangan
Kombinasi kandungan antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat mencegah peradangan dan kerusakan oksidatif. Studi menunjukkan konsumsi semangka mengurangi peradangan secara signifikan.
5. Mencegah penyakit mata
Senyawa likopen juga dapat mencegah penyakit mata terutama degenerasi makular terkait usia. Sejumlah studi menunjukkan likopen dapat menghambat degenerasi makular mata. Senyawa ini juga mengurangi inflamasi pada mata.
6. Mencegah nyeri otot
Asam amino citrulline dalam semangka dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri otot. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung dapat bekerja maksimal menyebarkan darah ke seluruh tubuh termasuk otot.
7. Mencegah sembelit
Semangka juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan. Konsumsi semangka dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik dan mengurangi sembelit serta konstipasi.
Selain itu, Manfaat Mengkonsumsi Buah Secara Rutin adalah:
Indonesia adalah negara tropis. Sehingga negeri kita menyimpan keanekaragaman jenis tumbuhan tertinggi di dunia. Terdapat 266 jenis buah-buahan yang dianggap asli Indonesia.
Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat mencukupi gizi yang kita butuhkan buah juga dapat mencegah penyakit. Menurut badan kesehatan dunia WHO manusia sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran setidaknya 400g/hari agar tubuh sehat.
Nah, simak manfaat mengkonsumsi buah secara rutin berikut ini:
Sumber Asupan Vitamin dan Mineral
Buah-buahan merupakan asupan vitamin dan mineral yang banyak. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan diantaranya folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium. Kandungan vitamin dan mineral pada buah-buahan berbeda-beda. Namun, semuanya sama-sama memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung antioksidan. Zat ini penting untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap prima.
Sebagai Asupan Serat Pangan yang Sangat Baik
Buah-buahan adalah salah satu sumber serat makanan yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat makan buah setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Kebiasaan makan asupan tinggi serat juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Selain menjaga kesehatan pencernaan, makan makanan berserat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit
Alasan perlu makan buah setiap hari yang pantang diabaikan adalah kebiasaan baik ini dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung, kanker dan diabetes. Sejumlah penelitian membuktikan, makan buah setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung sampai 7%. Rutin makan buah dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Keduanya berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan penelitian lain menunjukkan, makan buah seperti anggur, apel, dan blueberry terbukti bisa menurunkan risiko penyakit diabetes. Sementara makan buah jeruk, dapat memberikan manfaat mengurangi risiko penyakit batu ginjal.
Salah Satu Pilihan Diet Sehat
Buah baik dikonsumsi secara rutin karena termasuk asupan rendah lemak dan kalori. Asalkan, tidak dikonsumsi dalam bentuk keripik, gorengan, atau jus buah dengan tambahan gula. Buah memiliki banyak kandungan serat dan air. Sehingga mengkonsumsi buah dapat membuat rasa kenyang lebih awet daripada asupan lainnya. Buah apel dan jeruk adalah contoh dua jenis buah yang bikin perut tak gampang lapar.
Hal yang perlu diperhatikan yaitu buah baik dikonsumsi saat kondisi segar daripada olahan. Untuk mendapatkan manfaat makan buah setiap hari secara optimal, setiap orang disarankan mengonsumsi tidak hanya satu jenis buah atau sayuran. Karena, buah dan sayuran berbeda bisa memberikan kombinasi serat, vitamin, dan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu, utamakan makan buah segar ketimbang buah beku, buah kalengan, buah kering, atau jus buah dalam kemasan. Terakhir, lakukan konsultasi kesehatan dan asupan di pelayanan kesehatan secara rutin.

0 comments:

Posting Komentar